Rabu, 11 Juni 2008

Di dalam kehidupan terdapat bermacam kebutuhan yang kesemuanya amat penting. Kecukupan lahiriah berupa pangan dan papan. Ke­sehatan jasmani. Kerukunan dalam keluarga, dan sebagainya lagi. Semua itu merupakan bagian-ba­gian dari kelompok yang dinamakan keperluan atau kebutuhan hidup. Dan kesemuanya itu perlu, tidak kalah pentingnya dari bagian yang lain. Memen­tingkan satu bagian saja merupakan kebodohan karena yang satu harus ditutup oleh yang lain. Orang yang hidupnya kaya raya dan serba kecu­kupan, tetap saja akan menderita dalam hidupnya kalau kesehatan
nya terganggu.

Orang yang sehat sekalipun tetap akan menderita kalau kekurangan makan dan pakaian.
Bahkan orang yang sehat dan kaya sekalipun akan hidup menderita kalau tidak mempunyai kerukunan dalam keluarga. Arjuna akan melihat ini sebagai landasan diri dalam bertindak, berprilaku sepandajng hidup ini.

Jika melihat di waktu sakit berat, orang yang kaya akan rela kehilangan semua kekayaannya asalkan dia sembuh. Sebalik­nya, orang sehat melupakan segala dan mati-mati­an mempertaruhkan kesehatannya demi mengejar dan menumpuk harta benda. Demikianlah kenyataannya, hidup ini merupakan sekelompok kebu­tuhan-kebutuhan yang memang mutlak penting dan kesemuany saling berkaitan. Tugas Arjuna adalah berusaha memupuk segala kebaikan diri untuk mencapai kesempurnaan hidup yang tentu saja menjadi tujuan hidup keluarga, serta tetap memandang keluarga sebagai pijakan dasar hidup dalam melangkah.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

duh lucunyaaa, bikin kita senang dongg dengan kemesraan antara anak dan bapaknya yang akrabbb!!

Herlan Hamdan mengatakan...

Saya setuju dengan Arjuna, sehat itu mahal banget.